Jenis Jenis Penyakit Jantung Dan Gejalanya

Jenis Jenis Penyakit Jantung Dan Gejalanya – Selamat datang di website QnC Group yang merupakan stokis dan distributor obat herbal terpercaya di Indonesia. Pada postingan perdana kali ini akan membahas mengenai jenis jenis penyakit jantung dan gejalanya. Semua jenis karakteristik umum pada penyakit jantung memiliki perbedaan penting yang dapat menentukan proses jalannya pengobatan penyakit jantung itu sendiri.

Jenis Jenis Penyakit Jantung Dan Gejalanya

Jenis Jenis Penyakit Jantung Dan Gejalanya

  • Angina

Angina menyebabkan nyeri atau sesak didaerah dada yang dirasakan seperti ada yang meremas menyerupai gangguan pada pencernaan. Biasanya itu adalah gejala dari penyakit arteri koroner, dimana arteri yang memasok darah ke jantung menyempit dan mengeras.

  • Penyakit Jantung Bawaan

Penyakit jantung bawaan ini yaitu adanya cacat pada jantung sejak lahir. Ini terjadi ketika selama perkembangan janin didalam rahim dan dapat disebabkan oleh virus, obat-obatan, bahan kimia tertentu, alkohol atau beberapa penyebab lain yang tidak diketahui.

Kelainan pada penyakit jantung bawaan dapat mempengaruhi berbagai bagian jantung termasuk katup septum, pembuluh darah dll. Gejala yang ditimbulkan diantaranya:

  1. Kelelahan
  2. Sesak nafas
  3. Kulit kebiruan
  4. Kebiasaan makan yang buruk
  5. Pembengkakan di perut dan disekitar mata
  • Penyakit gagal jangtung kongestif

Jenis penyakit jantung yang kedua yaitu gagal jantung kongestif. Kondisi ini lebih umum pada orang tua dan terjadi ketika jantung tidak bisa lagi memompa darah ke tubuh sebagaimana mestinya. Umumnya hasil dari kerusakan yang disebabkan oleh serangan jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit arteri koroner, pengobatan kanker atau masalah kesehatan lainnya. Dan dapat menyebabkan kelebihan cairan di paru-paru dan pada jaringan lainnya. Berikut gejala gagal jantung kongestif yang sering terjadi:

  1. Kelelahan
  2. Pusing
  3. Sesak nafas
  4. Pembengkakan di perut, kaki
  • Penyakit Arteri Koroner

Jenis penyakit jantung yang keempat yaitu arteri koroner. Ini adalah jenis yang paling umum dari penyakit jantung. Untuk pengobatan penyakit ini tergantung pada tingkat keparahan dan termasuk kontrol tekanan darah, kolesterol, perubahan gaya hidup, dan termasuk aktifitas fisik.

  • Penyakit Koroner Mikrovaskuler

Jenis penyakit jantung yang kelima ini disebut juga MDV. Merupakan penyakit pembuluh darah di bawah sindrom X atau jantung. Penyakit ini mempengaruhi arteri kecil di hati. Kerusakan lapisan dinding arteri dan menyebabkan mengerut yang meningkatkan risiko serangan jantung dan gagal jantung. Gejala penyakit koroner MDV ini diantaranya: Nyeri dada (angina), sesak napas dan kelelahan.

Penyakit Jantung Dan Gejalanya

  • Penyakit Jantung Sianotik

Jenis penyakit jantung sianotik ini adalah jenis kelainan jantung bawaan yang menyebabkan penurunan kadar oksigen dalam darah ke seluruh tubuh. Hal ini dapat disebabkan oleh kelainan jantung lainnya, termasuk kelainan pada katup, hipoplasia sindrom jantung kiri, tetralogi Fallot atau infeksi dikontrak atau obat yang digunakan selama kehamilan. Gejala Penyakit Jantung Sianotik diantaranya:

  1. Hiperventilasi
  2. Warna kulit kebiruan
  3. Pingsan
  4. Mata atau wajah terlihat kembung
  • Penyakit Jantung Hipertensi

Jenis penyakit jantung hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah jantung yang dikenal dengan nama penyakit jantung hipertensi. Masalah yang ditumbulkannya antara lain: Penyakit arteri koroner, gagal jantung, kejang jantung, serangan jantung dan aritmia.

  • Penyakit Jantung Iskemik

Jenis penyakit jantung iskemik adalah penyakit yang disebabkan oleh berkurangnya pasokan darah ke jantung. Penyebab penyakit ini bisa dikarenakan penyempitan arteri yang memasok darah ke jantung. Pada penyakit ini juga disebut penyakit arteri koroner.

  • Penyakit Jantung Inflamasi

Jenis penyakit jantung inflamasi ditandai dengan peradangan pada otot jantung atau jaringan sekitarnya yang bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, virus atau jamur atau penyakit kekebalan tubuh. Gejala Penyakit Jantung Inflamasi antara lain:

  1. Kejang jantung
  2. Sesak napas
  3. Pembengkakan kaki dan pergelangan kaki
  4. dan kelelahan

Jenis Penyakit Jantung Dan Gejalanya

  • Penyakit Jantung Organik

Jenis Penyakit Jantung Organik terjadi karena masalah fisiologis, seperti kelainan atau peradangan.

  • Penyakit Jantung Paru

Jenis Penyakit Jantung Paru juga disebut gagal jantung kanan. Penyakit jantung paru terjadi ketika penyakit paru-paru mempengaruhi jantung. Aliran darah ke paru-paru bisa menjadi lebih lambat atau terhambat, yang meningkatkan tekanan darah di paru-paru. Akibatnya, sisi kanan jantung dipaksa untuk bekerja lebih keras, yang dapat merusak otot jantung. Penyakit jantung paru dapat disebabkan oleh penyumbatan arteri pulmonalis atau penyakit pernapasan seperti emfisema.

  • Penyakit Jantung Struktural

Jenis Penyakit Jantung Struktural menggambarkan kondisi yang mempengaruhi struktur jantung itu sendiri. Umumnya mengacu pada cacat jantung bawaan, tapi bisa juga termasuk katup jantung yang abnormal dan pembuluh darah yang menampakkan diri dari waktu ke waktu sebagai akibat dari penuaan atau penyakit.

Itulah informasi yang bisa kami berikan bagi Anda mengenai Jenis Jenis Penyakit Jantung Dan Gejalanya , semoga bisa bermanfaat.

Jenis Jenis Penyakit Jantung Dan Gejalanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *